Rabu, 27 Januari 2016

JAMURESI #1


Dusun Jamuresi merupakan bagian dari Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sebelah selatan Jamuresi dibatasi oleh bukit Hulu Cijambu atau Awijajar-begitu kami menyebutnya. Sebelah utara, Jamuresi dibatasi oleh sungai Cijolang yang juga memisahkan antara Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Kuningan. Di sebelah barat, Jamuresi berbatasan dengan blok Lebak Jero dan Butaijo yang masuk ke dalam wilayah administrasi Dusun Cikamuning yang merupakan bagian dari Desa Tigaherang. Sedangkan di bagian sebelah timur, Jamuresi berbatasan dengan Dusun Bentuk Sari.

Ini adalah gerbang saat akan memasuki Jamuresi

Angin Kamajaya, 2013

Setelah memasuki gerbang ini, Jalan Raya Jamuresi-Selajambe ini akan terus turun sampai berujung di Jembatang Panjang Cijolang (JEPANG) yang menghubungkan Jamuresi dengan Selajambe (Ciamis to Kuningan). Di kiri dan kanan sepanjang jalan penuh dengan perumahan warga.

Jamuresi dibagi menjadi dua Rukun Warga (RW), RW Landeuh (RW Cikupa) dan RW Tonggoh (RW Cikabayan). Masing-masing RW memiliki 6 Rukun Tetangga (RT) dengan rerata 25-30 rumah.

Seluruh warga Jamuresi muslim taat, militan, semi taat dan tak taat. Untuk kegiatan ibadah, warga Jamuresi memiliki Musola di setiap RT dan dua Masjid Jami. Nurul Falah 1 di RW Cikupa dan Nurul Falah 2 di RW Cikabayan.

Masjid Nurul Falah 1 RW Cikupa
Angin Kamajaya 2013


 Masjid Nurul Falah 2 RW Cikabayan

Angin Kamajaya 2013

Di Jamuresi juga terdapat satu tempat yang dikeramatkan, yakni komplek pemakaman umum Pasir daran. Di sana terdapat sebuah makam yang oleh warga Jamuresi dijadikan dan dinobatkan sebagai makam keramat. Makam itu adalah makam Ketib Soleh (Eyang Soleh) yang diduga sebagai penyiar atau pembawa agama Islam di Jamuresi khususnya dan Ciamis bagian Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar